Manajemen reputasi apa yang harus Anda ketahui

Reputasi sebuah perusahaan tidak adil. Reputasi perusahaan dapat membuat atau menghancurkan bisnisnya. Penting untuk selalu memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki citra yang baik dengan pelanggan Anda. Baca artikel berikut untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan manajemen reputasi.

Luangkan waktu Anda dan pikirkan baik-baik sebelum menanggapi keluhan. Jika Anda tetap tenang dan berpikir dengan hati-hati tentang bagaimana merespons online, reputasi Anda akan dipertahankan. Baca jawaban Anda beberapa kali sebelum memposting respons terhadap keluhan. Jika memungkinkan, mintalah seorang karyawan untuk membaca jawabannya untuk memastikan itu sesuai.

Pastikan Anda tahu apa yang terjadi dalam bisnis Anda di seluruh dunia. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda dapat memberikan inovasi dan informasi terbaru kepada pelanggan Anda. Hanya beberapa menit sehari dapat membantu Anda tetap diperbarui.

Memiliki kehadiran yang kuat di media sosial dapat meningkatkan reputasi perusahaan Anda. Membuat akun Twitter, blog, atau halaman Facebook memungkinkan Anda berinteraksi dengan pelanggan potensial dan pelanggan. Saat ini, banyak orang mengharapkan perusahaan hadir di media sosial. Ini adalah cara yang bagus untuk menerbitkan dan memantau konten yang relevan tentang bisnis Anda dan apa yang dikatakan.

Jangan marah ketika seseorang memiliki masalah publik dengan Anda. Cara terbaik untuk menghadapinya adalah memberi mereka semacam solusi. Ini menunjukkan kepada semua orang yang mencari Anda untuk siap melakukan segala yang mungkin untuk membuat pelanggan Anda bahagia.

Konsultasikan dengan pelanggan Anda saat ini. Anda dapat memiliki klien dengan saran untuk membangun bisnis Anda atau meningkatkan produk Anda. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat mengirim survei ke semua orang di milis Anda atau cukup masukkan kotak saran di perusahaan Anda.

Anda harus merencanakan perjalanan bisnis Anda secara online. Anda tidak bisa begitu saja menanggapi secara acak semua posting pelanggan Anda. Anda perlu meluangkan waktu untuk mempertimbangkan bagaimana menghadapinya dan apa yang akan Anda katakan. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan masalah.

Jika Anda menanggapi komentar atau kritik negatif tentang bisnis Anda, pastikan Anda menggunakan nada profesional dengan hormat. Tujuan Anda adalah untuk menarik orang ke situs Anda. Jika Anda menemukan bahwa poster asli tidak menghormati Anda, ada risiko bahwa masalah tersebut akan memburuk untuk bisnis Anda.

Pastikan Anda menerima keluhan. Pelanggan mungkin ingin meninggalkan ulasan buruk karena mereka tidak meminta maaf atau menanggapi masalah. Tambahkan formulir keluhan yang sangat terlihat dan mudah digunakan di situs web Anda. Balas ke semua. Anda akan tahu bahwa Anda telah mendengarkan mereka dan sedang menghadapi masalah. Ini dapat membantu Anda mengurangi atau menghilangkan umpan balik negatif.

Perhatikan apa yang Anda dan karyawan Anda katakan secara online. Segala sesuatu yang dikatakan di Facebook, Twitter atau di mana saja secara online dapat tetap online selamanya. Pastikan perusahaan Anda memiliki kebijakan media sosial. Suara karyawan Anda dapat mewakili bisnis Anda, yang bisa positif atau negatif. Karena itu, penting bagi mereka untuk bertindak sesuai dengan kebijakan media sosial yang telah ada.

Pastikan situs jejaring sosial pribadi Anda sepenuhnya pribadi untuk semua orang kecuali teman Anda. Walaupun ini mungkin tampak misterius secara irasional, hasilnya adalah orang-orang negatif yang memiliki lebih sedikit informasi yang tersedia. Halaman perusahaan harus selalu tersedia bagi siapa saja untuk melihatnya.


Reputasi perusahaan Anda sangat berharga. Itu hal yang rapuh. Jika Anda tidak hati-hati, Anda dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Sulit untuk memperbaiki panggilan yang rusak. Karena itu, pikirkan saran di sini dan praktikkan manajemen reputasi yang lebih baik. Tidak ada perusahaan yang mampu kehilangan pelanggan karena reputasi buruk mereka.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>