Pembahasan mesin potong laser.

Mesin laser hanyalah alat pengembangan yang menawarkan banyak keunggulan dibandingkan alat pemotong lainnya, seperti pabrik dan gergaji CNC. Pemotongan laser dengan energi termal. Oleh karena itu, bahan yang akan dipotong tidak mengalami tekanan dibandingkan dengan alat pemotong di atas. Jika Anda memotong plastik seperti akrilik, potongannya juga halus dan dapat segera digunakan.

Selain itu, mesin laser generasi selanjutnya menjadi lebih mudah digunakan. Lulusan STM juga dilatih dalam pengoperasian mesin laser, karena mereka belajar pelajaran tentang konsep CNC. Dengan mesin pemotong laser Anda juga dapat bekerja dalam jumlah atau dalam jumlah besar, dengan hasil yang persis sama.
Untuk menemukan potensi mesin pemotong laser, kita harus terlebih dahulu mengetahui kemampuannya. Mesin laser dapat digunakan untuk memotong, mengikis, mengukir, dan mengebor.
memotong
Sinar laser diposisikan sedemikian rupa sehingga menembus bahan sehingga bagian-bagian yang diperlukan terlepas dan Anda dapat menggunakan yang negatif atau positif. Pemotongan dilakukan dengan kecepatan sedang dan gaya tinggi.
Menggaruk
Sinar laser “hanya” merusak permukaan material dan meninggalkan jejak dalam bentuk goresan. Pemanggangan dilakukan dengan kecepatan tinggi dan resistansi rendah.
Ukiran / Ukiran
Sinar laser diatur sedemikian rupa sehingga dapat menggores permukaan material dengan kedalaman yang berbeda, sehingga gambar / huruf terukir dapat dikenali. inijasa.com dilakukan pada kecepatan rendah dan dengan kekuatan sedang.
Pengeboran / pengeboran
Sinar laser diatur untuk menembus material dalam bentuk titik-titik kecil. Pengeboran dilakukan dengan kecepatan tinggi dan kekuatan sedang.
File yang akan disediakan jika Anda ingin menggunakan mesin laser adalah file gambar 2D dalam format vektor untuk memotong, mengikis, dan mengukir. Seperti halnya Gravir, file bitmap (JPEG, TIFF) juga dapat digunakan.
Mesin laser umumnya dapat memotong papan, karena mereka hanya mengenali sumbu X dan Y. Jika Anda ingin mencetak benda berbentuk silinder atau tabung, seperti kaca, botol atau pena, diperlukan alat tambahan untuk memegang dan memutar benda menjadi dipernis. Alat ini biasanya ditawarkan oleh sebagian besar produsen mesin laser sebagai opsi tambahan dan dapat dengan mudah dipasang di bangku kerja mesin laser. Ada juga laser 3D yang mendeteksi sumbu Z, tetapi umumnya hanya digunakan di pabrik yang melakukan proses produksi massal.
Ada banyak bahan yang bisa dipotong laser, termasuk:
1. Akrilik (plastik, transparan atau tidak)
2. MDF (dari serbuk kayu yang diikat dan dipadatkan)
3. Triplex / Multipleks
4. Melamin (multipleks berlapis melamin atau MDF)
5. kayu
6. veneer (pelapis kayu asli)
7. Gabus (gabus biasa digunakan untuk mengemas barang)
8. Karet
9. kulit
10. kotak / kertas
11. Kain (bahan khusus)
Untuk bahan panel seperti akrilik, MDF, kayu lapis dan melamin, dimensi 122 x 244 cm tersedia. Sementara bahan lainnya memiliki berbagai ukuran. Bahan-bahan ini bisa dipotong dan diukir. Bahkan ukiran dapat dilakukan pada material batuan tertentu.
Jika Anda ingin memotong atau mengukir bahan logam, Anda memerlukan mesin laser CO2 yang cocok untuk aplikasi industri. Peralatan ini mengkonsumsi lebih banyak listrik dan membutuhkan bantuan gas untuk mencapai suhu yang lebih tinggi untuk memotong logam (besi, baja tahan karat, aluminium).

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>